Jumat, 30 Desember 2011

Jenis - Jenis Printer



Printer adalah prangkat untuk mengubah perintah dari data setelah di olah oleh prosesor dan tersimpan di ram sebagai sebuah data yang siap di output menjadi sebuah tampilan tercetak pada suatu media tertentu yang biasanya banyak di gunakan adalah kertas dengan berbagai jenis.



Printer sebagai sebuah prangkat keluaran teerbagi jenis nya berdasarkan cara kerja, tingkat resolusi/ketajaman, dan kecepatan mencetak nya. Satuan dari tingkat resolusi adalah dpi(dots per inch) dinilai dari banyaknya titik yang mampu di buat dalam satu inchi persegi. Dan kecepatan biasanya di tuju dengan satuan ppm(page per minute) yang di nilai dari halaman yang dapat di cetak perhalaman , dan berikut adalah jenis jenis printer yang ada pada dunia komputer jaman sekarang ini :

1.Printer Dot Matrix
Jenis printer ini menggunakan prinsip kerja mesin ketik konvensional. Pada ujung kepala alat ketuknya (head) berisi jarum jarum logam yang secara bergantian atau serempak memukul lembaran pita yang mengandung tinta dan membentuk suatu pola pada media cetak di belakang pita bertinta tadi.
Kekurangan dari printer ini adalah tidak mampu nya mencetak warna, resolusi yang di hasilkan pun tergantung dari jumlah pin yang ada pada head printer tersebut, semakin banayak jumlah pin yang dimiliki head nya maka semakin baik resolusi yang dihasilkan printer jenis ini. Untuk contoh jika head nya memiliki 9 pin maka resolusi yang di hasilkan  75-100 dpi sedangkan jika headnya memiliki 24 pin maka resolusi yang di hasilkan printer jenis ini adalah 150-280 dan kecepatan cetak maksimum dari printer ini adalah sekitar 0,5 ppm


  
2.Printer Ink Jet
Printer jenis ini memiliki cara kerja dengan menyemprotkan tinta cair langsung dari head ke media cetak, pada ujung head nya terdapat lubang lubang yang berkatup sangat kecil, yang dapat berfungsi secara otomatis mengatur besar kecilnya semprotan tinta yang di miliki ke media cetak. Resolusi cetak printer ini mencapai 360-480 dpi, kecepatan cetak yang di miliki tipe jenis printer ini mencapai 2-4 ppm untuk bewarna hitam – putih dan 1-3 ppm jika mencetak jenis bewarna

3.Printer Buble Jet



Printer ini adalah perkembangan Dari jenis printer ink jet yang memiliki prinsip kerja yang sama, menggunakan tinta cair juga dan  memiliki ke unggulan yang tak jauh beda juga, namun beda nya dari ink jet pada buble jet tinta di tiup melewati lubang lubang pada head printer sehingga membentuk gelembung gelembung mikro dengan pola pola tertentu yang kemudian langsung di kenakan ke media cetak.

4.Printer Laser Jet


 
printer jenis ini merupakan printer ynag memiliki resolusi cetak paling tinggi di antara jenis jenis printer yang ada yang resolusi nya mencapai 720-1024 dpi dengan kecepatan cetak nya mencapai 5-10 ppm, cara kerja yang di miliki jenis printer ini hamper atau bahkan emang mirip dengan mesin fotokopi, printer jenis memakai tinta kering yang berbentuk serbuk yang di taburkan menurut pola pila tertentu pada media cetak yang kemudian dipanaskan melalui elemen pemanas sehingga kemudian tercetak secara permanen pada media cetak.

Sekian pembahasan jenis jenis printer kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua nya.

0 komentar:

Posting Komentar

loading...

Popular Posts

Pengikut