Minggu, 20 November 2011

Jenis – Jenis Kabel yang Ada Dalam Jaringan Komputer

Salah satu syarat dalam sebuah jaringan computer itu adalah media transmisinya yang di bedakan menjadi dua yaitu dengen menggunakan kabel dan yang tidak menggunakan kabel. Dan media transmisi kabel adalah aliran elektomagnetik yang teralir sepanjang kabel hingga ujung konektornya, adalah jenis jenis kabel itu adalah kabel coaxial, kabel utp dan kabel fiber optick.
Dan pada kesempatan kalai ini blog-joyo akan membahas jenis jenis dari kabel tersebut agar dapat membuat kita lebih paham, baik lah kita mulai membahas nya(hehehe)

1.kabel coaxial

Coaxial Cable Adalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Pusatnya berupa inti kawat padat yang dilingkupi oleh sekat yang kemudian dililiti lagi oleh kawat berselaput konduktor. Jenis kabel ini biasa digunakan untuk jaringan dengan bandwith yang tinggi. Kabel coaxial mempunyai pengalir tembaga di tengah (centre core). Lapisan plastik (dielectric insulator) yang mengelilingi tembaga berfungsi sebagai penebat di antara tembaga dan “metal shielded“. Lapisan metal berfungsi untuk menghalang sembarang gangguan luar dari lampu kalimantang, motors, and perlatan elektonik lain. Lapisan paling luar adalah lapisan plastik yang disebut Jacket plastic. Lapisan ini berfungsi seperti jaket yaitu sebagai pelindung bagian terluar.


2. kabel UTP
Kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair ), terdiri atas empat pasang kawat , yang  setiap pasang di lapisi oleh pelindung. Dan kabel ini lah rata rata yang di pakai di setiap jaringan computer yang ada sekarang.  

beberapa keunggulan dari kabel utp di banding yang lain adalah
1.      Kecepatan transmisi kabel mencakup 10 - 100 Mbps
2.      biaya yang di keluarkan cukup murahmurah
3.      buat jaman skarang kabel utp adalah kabel pilihan yang pertama buat jaringan terutama buat jaringan berti pe local
4.      pemasangan nya cukup mudah
kekurangan nya adalah
  1. penggunaan maksimal kabel nya yang hanaya 100m
  2. resiko efek elktromaknetik dari prangkat lain yang cukup rentan
dalam penggunaan nya dalam jaringan computer dekenal dengan dua type penghubung yaitu kabel straight yang di gunakan untuk menghubungkan hub dengan switch dan kabel cross-over digunakan untuk menghubungkan dua buah komputer .

3. kabel fiber optic (fo)
 

Fiber optik adalah sebuah kaca murni yang panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia. Fiber optic mampu mentransmisi  cahaya .  jangakauan yang dihasilkan nya pun lebih jauh di bandingkan jenis kabel yang lain dan tentunya kecepatan yang dihasilkannya pun pastinya lebih kencang di banding dengan tipe kabel yang lain, namun salah satu kekurangan yang paling di miliki kabel ini adalah mahal nya harga kabel

note => sekian pembahasan jenis jenis kabel yang ada dalam jairngan komputer ini, moga bisa bermanfaat bagi kita semua nya.






0 komentar:

Posting Komentar

loading...

Popular Posts

Pengikut