Jumat, 13 Januari 2012

Mengenal Lebih Dekat Router


Router adalah sebuah alat yang terdapat pada sebuah jaringan computer yang mengirimkan padaket data melalui sebuah jaringan untuk menuju tujuan nya, dengan sebauh proses yang dikenal dengan routing, fungsin utama dari dari router adalah menghungkan  satu jaringan ke satu atau lebih jarinngan computer  lainnya, jika di lihat router mirip dengan switch namun sangat lah berbeda jauh, karena switch adalah penghubung alat alat yang tujuannya membentuk sebuah jaringan bertipe local.


Router sangat banyak digunakan  dalam jaringan berbasis teknologi tcp/ip, dab router jenis ini disebut dengan ip router,  masih banyak jenis router salah satunya adalah ApplE talk router, sal;ah contoh dari ip router adalah internet yang menggunakan teknologi dsl yang tentunya memiliki banyak ip router dalam koneksi nya. Router yang fungsinya adalah menghungkan satu jaringan dengan satu atau lebih jaringan yang lain juga terkadang digunakan untuk mengkoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media  yang berbeda atau juga berbeda arsitekturnya, sperti halnya eternet ke tipe arsitektur  ring.
Jenis jenis router pada umum nya dibagi menajadi dua jenis yaitu :
-static router (router statis) adalah  jenis router yang memiliki table routing statis yang dapat di setting secara manuan oleh para admin jaringan nya.
-dynamic router(router dinamis) adalah jenis router  yang memiliki table routing dinamis ,dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dapat berhubungan dengan router lainnya.

Cara kerja yang dimiliki router hampir sama dengan bridge yaitu dengan  meneruskan paket data jairngan dan dapat juga membagi nya sehingga menjadi segmen atau dapat juga menyatukan segmen segmen pada jairngan, namun bedanya router terdapat pada lapisan ketiga pada osi layer sehingga menggunakan skema pengalamatan yang terdapat pada lapisan itu, sedangkan bridge terdapat pada lapisan kedua sehingga menggunakan skema pengalamat yang terdapat pada lapisan kedua yaitu dengan skema mac address.

Sekian sudah artikel  Mengenal Lebih Dekat Router ini, semoga dapat menambah ilmu dan dapat berguna bagi kita semua nya

0 komentar:

Posting Komentar

loading...

Popular Posts

Pengikut